Cara Membatasi Pengguna Wifi

Internet pada saat ini sudah menjadi kebutuhan primer hampir semua orang. Internet banyak digunakan untuk keperluan usaha, pendidikan dan masih banyak lagi. Salah satu cara agar terhubung dengan internet yaitu dengan menggunakan wifi. Kemudian, bagaimana cara membatasi pengguna wifi?

Wifi adalah salah satu perangkat yang menyediakan sarana agar seorang client dapat terhubung secara langsung dengan server. Teknologi ini telah dirasa paling relevan karena tidak perlu sambungan kabel agar dapat mengirimkan timbal balik antara satu dengan yang lainnya.

Cara Membatasi Pengguna Wifi

Cara Membatasi Pengguna Wifi

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa semakin banyak pengguna wifi, maka untuk kecepatan dari koneksi internet akan menurun. Hal ini terntunya sangat menjengkelkan. Apalagi jika Anda sedang mengunduh berkas besar yang sangat penting sekali.

Oleh sebab itu, penting rasanya Anda untuk memasang pembatas pengguna jaringan wifi. Tujuannya adalah agar kecepatan tetap stabil. Akan tetapi, bagaimana cara untuk membuat batasan tersebut? Apakah cara tersebut mudah atau sulit? Tenang, Anda hanya perlu membaca sedikit penjelasan atau ulasan di bawah ini untuk mengerti caranya.

Cara Membatasi Pengguna WIfi ZTE

Cara Membatasi Pengguna WIfi ZTE

Untuk Anda yang memakai wifi indihome dengan router ZTE, berikut ini merupakan cara untuk melimit atau membatasi jumlah pengguna:

1. Cara pertama, hubungkan perangkat Anda ke jaringan wifi tersebut. Berikutnya, buka browser dan ketikkan IP address 192.168.1.1 lalu Enter.

2. Berikutnya Anda perlu untuk login ke admin page, masukan user dan passwordnya. Apabila Anda belum pernah mengubah, umumnya secara default user pass adalah admin. Namun, Anda bisa ngecek sendiri pada bagian belakang router.

3. Setelah proses tersebut berhasil, klik pada menu Network lalu pilih SSID Setting. Nah pada bagian Maximum Clients, silahkan Anda atur sesuai kebutuhan Anda.

4. Untuk router jenis ini dapat terhubung maksimal 32 orang user sekaligus. Setelah itu, Anda bisa langsung save untuk menyimpan pengaturannya.

Baca Juga: Aplikasi Edit Video Jedag Jedug

Cara Membatasi Pengguna Wifi Huawei

Cara Membatasi Pengguna Wifi Huawei

Berikutnya untuk Anda yang memakai router Huawei dan ingin membatasi jumlah para user wifi. Tentunya Anda bisa langsung mengikuti panduan yang sudah kami jelaskan pada artikel berikut ini:

1. Jangan lupa untuk menghubungkan perangkat Anda ke jaringan wifinya terlebih dahulu.

2. Kemudian, Anda lihat IP Address pada bagian belakang router Huawei Anda. Pada umumnya untuk IP nya itu 192.168.1.102 atau 192.168.1.102 atau Anda bisa ngecek pada perangkat Anda masing-masing.

3. Langkah berikutnya tinggal login dengan mengisi user pass admin.

4. Apabila Anda sudah berhasil masuk, Anda klik pada tab menu WLAN. Nah, pada bagian bawah akan terdapat opsi Number of Associated Devices. Silahkan untuk mengubah sesuai kebutuhan Anda untuk mengatur limit.

5. Sama halnya dengan ZTE, untuk router Huawei juga mempunyai batas maksimal pengguna sampai 32 pengguna.

Baca juga: Cara Login WhatsApp

Cara Membatasi Pengguna Wifi Tenda

Cara Membatasi Pengguna Wifi Tenda

Tenda adalah salah satu router yang juga biasa dipakai oleh banyak orang. Untuk pembatasan jumlah user Anda dapat melakukan dengan cara sebagai berikut ini:

1. Mulai dengan login ke admin page sama seperti tutorial yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

2. Setelah Anda berhasil login, silahkan untuk klik pada opsi Advenced untuk kemudian masuk ke pengaturan.

3. Nah, disini Anda bisa memilih pada menu DHCP server, di bagian IP Pool silahkan untuk mengatur ke range sesuai dengan jumlah limit user tersebut.

4. Misalnya jika Anda telah atur ke 101 sampai 110, maka untuk jumlah pengguna maksimal yaitu 10 user. Bagaimana, mudah bukan?

Cara Membatasi Pengguna Wifi TP-Link

Cara Membatasi Pengguna Wifi TP-Link

Tidak berbeda jaug dengan yang sebelumnya. Untuk wifi Indiome yang memakai router TP-Link, Anda juga hanya perku untuk mengatur jumlah maksimal IP Address untuk membatasi para penggunanya. Berikut ini adalah panduan lengkapnya.

1. Langkah yang pertama adalah Anda perlu untuk login ke admin page atau silahkan sambungkan ke jaringan wifi Anda.

2. Setelah itu, carilah IP address router tersebut. Untuk IP addressnya umumnya 192.168.0.1 ketikan pada addres bar browser lalu tekan enter.

3. Untuk login, Anda bisa memasukan user password yang juga dapa dicek pada bagian belakang router. Untuk defaulnya yaitu admin.

4. Berikutnya, Anda bisa klik pada menu DHCP < DHCP Settings. Nah untuk ini Anda bisa memperhatikan di bagian Start dan End IP address. Itulah beberapa pengaturan tentang batas jumlah IP yang dapat tersambung ke wifi tersebut.

5. Silahkan untuk Anda mengubah angka paling belakang dengan range yang sesuai dengan limit user yang Anda inginkan. Misalnya Anda ingin maksimal 10 pengguna saja, maka Anda bisa mengatur start di angkat 101 dan end di angka 110.

6. Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing tergantung jumlah yang Anda ingin atur.

Cara Membatasi Pengguna Wifi D-Link

Untuk yang terakhir kita memakai router D Link. Langsung saja simak penjelasan atau tutorial cara membatasi limir pengguna di router D-Link ini.

1. Sambungkan perangkat ke jaringan wifi Anda masing-masing.

2. Carilah IP address di belakang router, lalu login ke halaman admin lewat browser seperti sebelumnya.

3. Nah, setelah Anda berhasil untuk masuk, klik pada opsi Manual Setup.

4. Kemudian, pilih tab menu Advanced dan klik pada Traffic Control.

5. Berikan centang pada Enable Traffic Control. Kemudian di bagian Traffic Control Rules, isi range IP yang sesuai dengan jumlah maksimal pengguna yang diinginkan.

6. Terakhir, Anda tinggal menyimpan pengaturannya agar dapat diaplikasikan.

Cara Membatasi Pengguna WiFi Indihome

Jika Anda merupakan salah satu pengguna dari layanan indihome fiberhomr, maka Anda bisa membatasi pengguna wifi dengan cara yang sangat mudah. Karena fitur untuk membatasi pengguna sudah disediakan pada panel admin wifi fiberhome.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membatasi pengguna wifi fiberhome atau indihome:

1. Sambungkan perangkat Anda pada jaringan wifi.

2. Kunjungi Admin panel dengan melalui web browser dengan cara klik IP 192.168.1.1.

3. Login dengan memakai username dan password

4. Masuk ke menu Network > Wlan Settings > WiFi Control.

5. Atur nilai di kolom SSID yang ingin Anda batasi.

6. Masukkan angka sesuai dengan pengguna maksimal yang telah terhubung di wifi.

7. Lalu klik tombol Apply untuk dapat menyimpan perubahan.

Pada intinya, jika Anda menginginkan agar wifi hanya bisa digunakan oleh maksimal 5 orang, maka isi angkat 5 pada kolom SSID. Kemudian tekan tombol Apply untuk menerapkan perubahan Anda.

Cara Membatasi Pengguna Wifi di Huawei HG8245H

Jika Anda yang menggunakan modem Huawei HG8245H dari sebuah provider lain, Anda juga bisa membatasi pengguna wifi dengan sangat mudah sekali. Hanya cukup mengatur konfigurasi model melalui laman admin panel Huawei tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tahapan atau langkah untuk membatasi pengguna WiFi pada modem HG8245H, sebagai berikut ini:

1. Hubungkan perangkat laptop atau HP ke WiFi Anda.

2. Buka browser kemudian pergi ke IP 192.168.100.1 untuk selanjutnya akses ke admin panel.

3. Masukkan username root dan password admin untuk bisa login.

4. Selanjutnya pergi ke menu WLAN > WLAN Basic Configuration.

5. Tentukan SSID mana yang hendak Anda batasi pada pengguna nya.

6. Atur angka yang ada pada kolom Number of Associated Devices.

7. Yang terakhir klik tombol Apply untuk menyimpan.

Angka yang tertera di kolom Number of Associated Devices adalah jumlah angka maksimal pengguna yang bisa terhubung pada wifi dengan model Huawei Anda. Tentukan angka tersebut sesuai dengan jumlah maksimal pengguna wifi yang ingin Anda batasi.

Cara Membatasi Pengguna Wifi di Laptop atau PC

Memang ini sangat penting untuk bisa melihat jumlah user pada jaringan wifi. Sebab saat ini juga banyak dari para pencari wifi gratisan dimana-mana. Walaupun Anda sudah memproteksi hotspot dengan kata sandi, akan tetap saja ada yang bisa membobolnya.

Namun dengan software yang bernama P2Pover ini akan membuat mereka tidak dapat lagi mendapatkan wifi secara gratisan. Dengan adanya aplikasi yang satu ini, Anda dapat dengan mudah mengatur batas user dan bandwidth suatu jaringan.

Untuk Anda yang belum memiliki, Anda bisa mendownload dan unduh software P2Pover terlebih dahulu. Berikutnya tinggal jalankan dan Anda dapat dengan mudah mengontrol atau memutus para pengguna dari sebuah jaringan wifi.

Cara Membatasi Pengguna Wifi di HP Android

Selain dengan menggunakan PC atau laptop untuk bisa membatasi kecepatan internet, maka tentunya Anda dapat juga memutuskan koneksi orang lain dan juga memblokirnya. Anda juga dapat malukan cara membatasi wifi di Android dengan cara sebagai berikut ini:

1. Pertama Anda harus download dan untuk aplikasi netcut di HP.

2. Lalu buka aplikasinya, maka akan secara otomatis muncul daftar yang tersambung.

3. Geser ke kiri lingkaran yang berwarna biru pada bagian perangkat yang terhubung.

4. Maka secara otomatis perangkat tersebut akan terbatasi.

Cara Membatasi Pengguna Wifi dengan Menggunakan Aplikasi NetLimiter

Membatasi pengguna wifi terkadang sangat perlu untuk dilakukan. Apalagi jika terdapat user lain yang notabene orang yang terhubung secara diam-diam dan menyerap sejumlah besar bandwidth. Sehingga kecepatan internet Anda menjadi sangat lambat.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, Anda dapat memakai aplikasi NetLimiter. Aplikasi ini dapat dipergunakan untuk memblokir para pengguna, membatasi kecepatan jaringan, dan tentunya masih banyak lagi. Asalkan dapat dipakai dengan tepat, tentu aplikasi ini akan sangat berguna.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membatasi penggunaan wifi dengan aplikasi NetLimiter, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Klik di bagian Download Limit untuk membukanya.

2. Ceklist pada kotak yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Klik di bagian pilihan Upload Limit

4. Klik di bagian pilihan KB/s.

5. Atur ruler editor yang telah sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Klik pada ikon

7. Sudah selesai.

Untuk memberikan batasan tentang jumlah pengguna yang dapat mengakses wifi adalah sebagai berikut ini:

1. Buka aplikasi NetLimiter.

2. Klik di bagian

3. Klik Tab Value.

4. Masukan jumlah user sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Klik

Cara Membatasi Pengguna Wifi dengan NetCut

Untuk bisa membataso pengguna wifi yang tersambung, dapat juga memakai aplikasi tambahan berikut. Aplikasi ini sangat cukup ampuh untuk bisa memblokir dan juga membatasi para pengguna wifi indihome dengan mudah.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membatasi pengguna wifi dengan aplikasi NetCut.

1. Langkah pertama download dan unduh NetCut pada laptop atau PC Anda.

2. Berikutnya bisa membuka aplikasinya, maka akan di arahkan pada halaman perangkat yang terhubung.

3. Di bagian kanan “Trust User” yaitu modem dan juga jaringan PC yang sedang digunakan.

4. Dan pada bagian kiri merupakan perangkat hp atau pc lain yang sedang terhubung.

5. Selanjutnya adalah Anda harus memutuskan jaringan pilih perangkat yang telah terhubung, kemudian geserkan lingkaran biru ke kiri.

6. Maka nanti akan secara otomatis perangkat tersebut akan terputus sendirinya.

Cara Membatasi Pengguna Wifi dengan Software Baidu Wifi

Apakah dari Anda mengerti tentang aplikasi Baidu Wifi? Aplikasi ini dipakai untuk membuat hotspot di perangkat PC. Lalu, perangkat lain dapat dihubungkan dengan perangkat ini. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu untuk memasukan password dengan tepat saja.

Sayangnya, untuk PC atau laptop harus terhubung dengan koneksi internet terlebih dahulu sebelum dijadikan hotspot. Sumber jaringan ini juga tidak dapat sembarangan. Anda perlu untuk menghubungkannya ke dalam jaringan wifi baru lalu disebarkan kembali menggunakan hotspot.

Konsekuensi dari pengguna Baidu Wifi adalah berupa keterlambatan kecepatan pada internet. Untuk dapat mengurangi ini, Anda wajib untuk membatasi atau memblacklist para pengguna yang terlalu boros menggunakan jaringan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk membatasi dan memblokir sebagian pengguna wifi Anda.

1. Pasang software Baidu Wifi.

2. Hubungkan ke laptop atau PC dengan jaringan internet.

3. Daftarkan akun Anda.

4. Masukkan username dan juga kata sandi sesuai dengan keinginan Anda.

5. Klik pada ikon angka di sisi kanan interface

6. Klik kanan di bagian akun pengguna.

7. Klik opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Note: Anda tidak dapat menggunakan jaringan kabel atau model menjadi sumber jaringan dari Baidu Wifi. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan secara baik-baik tentang kecepatan internet yang ada. Karena, kecepatan jaringan akan turun habis-habisan pada saat ada perangkat lain yang telah terhubungkan.

Mengapa Perlu Untuk Membatasi Pengguna Wifi?

Membuat batasan pengguna wifi adalah hak untuk setiap orang. Cara membatasi pengguna wifi ini ada banyak sekali. Anda hanya tinggal untuk memilihnya sesuai dengan kebutuhan saja. Mengapa perlu untuk membatasi pengguna wifi? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

1. Koneksi Lambat

Apakah dari Anda merasa jika terkadang koneksi internet mulai melambat? Hal ini mungkin dikarenakan oleh semakin banyak perangkat yang terhubung, sehingga juga akan meningkatkan penyerapan kecepatan jaringan.

Lambatnya koneksi seperti itu tentunya sangat mengganggu. Apalagi saat internet benar-benar dibutuhkan. Oleh sebab itu, segera blokir pengguna karena telah merugikan Anda dengan cara yang sudah dijelaskan di atas.

2. Boros

Semakin banyak orang yang menggunakan jaringan wifi yang sama, tentunya penggunaan kuota juga akan semakin boros. Apalagi jika terdapat FUP atau hotspot seluler yang menggunakan kuota internet. Terkadang ada beberapa orang yang tidak berperasaan dan memakai jaringan seenaknya dan itu perlu Anda blokir juga heheheh.

Nanti akibatnya penggunaan kuota akan menjadi terus membengkak dan membebani pengeluaran Anda. Segera untuk batasi pengguna wifi agar hal tersebut tidak terjadi lagi.

3. Perangakat Cepat Panas

Pada saat banyak perangkat yang dihubungkan dengan sumber wifi, maka sumber tersebut nanti akan bekerja dengan sedikit lebih berat. Akibatnya, untuk perangkat Anda akan lebih cepat panas jika dibandingkan saat dalam kondisi normal.

Semakin panas perangkat tersebut, maka untuk resiko kerusakan juga akan semakin besar. Jika tidak mampu diantisipasi dengan baik, maka kerusakan dapat bersifat permanen.

Membatasi jumlah pengguna wifi dengan memblokir, mengurangi bandwidth dan membuat batas pengguna terkadang diperlukan.

Apalagi untuk penggunanya mulai menjadi tidak terkendali. Dimana hal tersebut sangat merugikan baik jangka pendek atau jangka panjang.

Demikianlah tips atau cara untuk membatasi jumlah pengguna wifi dan juga mengapa Anda harus membatasi pengguna wifi. Dengan cara melimit pengguna yang ada, Anda dapat memaksimalkan kecepatan hotspot agar nanti bandwidthnya tidak terbagi-bagi.

Tips diatas hanya berlaku baik untuk yang memakai router TP Link, Huawei, ZTE, dan lain sebagainya. Silahkan Anda untuk meninggalkan kritik, saran dan juga pertanyaan Anda di kolom komentar yang sudah Ada di bawah.

Leave a Reply